Eksploitasi Musik Dangdut


Musik adalah soal selera, tidak penting apakah itu dangdut, jazz, rock n roll, melayu, klasik, bahkan campur sari sekalipun. Musik Jazz bukan hanya milik orang-orang kalangan atas, rock n roll bukan hanya milik anak-anak muda, dangdut juga bukan hanya milik orang-orang kampung. Karena yang terpenting adalah selera dan rasa yang pas di telinga.
Setelah dipikir-pikir dan mencoba membandingkan kualitas musik akhir-akhir ini, ternyata ada penurunan kualitas untuk musik dangdut. Kali ini saya ingin menanggapi tentang para penyanyi wanita musik dangdut belakangan ini. Entah dimulai sejak kapan, sekarang terjadi tren penyanyi dangdut yang berpakaian seksi dan dengan goyangan yang heboh. Pakaian mini, memperlihatkan aurat dan lekuk tubuhnya, terpampang jelas di depan para penonton. Belum lagi goyangan atau atraksinya di depan panggung dan di depan lensa kamera televisi, yang kadang membuat malu sendiri ketika menontonnya. Terjadi tren bahwa musik dangdut harus disertai dengan goyangan seksi, soal suara urusan belakangan, apalagi isi dari musiknya.
Jadi teringat ketika masih kecil, sering mendengar musik dangdut, karena kebanyakan penduduk desa belum mengenal apa itu musk jazz, apa itu musik rock. Bila dibandingkan antara musik dangdut waktu dulu dengan sekarang terasa sekali perbedaannya. Kualitas vokal, isi maupun musiknya bagus dan tertata dengan baik, dan yang pasti tidak ada goyangan atau atraksi yang terlalu dibuat-buat seperti sekarang.
Mengapa harus ada eksploitasi semacam itu??? Dan selalu saja yang dieksploitasi adalah kaum perempuan. Apakah mereka sadar dengan apa yang telah mereka lakukan, atau hanya karena tuntutan pekerjaan dengan mengatasnamakan keprofesionalan pekerjaan??

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: