ISTILAH ATAU JENIS MUSIK dangdut itu ??


Dangdut….. menurut beberapa bacaan bukan jenis lagu akan tetapi sebuah istilah. Kata atau istilah Dangdut dipopulerkan oleh seorang penyiar radio swasta di Jakarta yaitu Alm.Mangku Dilaga dan oleh Rhoma Irama lewat lagu berjudul DANGDUT (dikenal dengan terajana- bisa dilihat dari syairnya). Rhoma lewat lagunya mengatakan ., “…… sulingnya, suling bambu, gendangnya kulit lembu, DANGDUT SUARA GENDANG…..dst”. Masih kata bacaan, dangdut berasal dari musik melayu Deli & dalam perkembangannya masuk musik India( melalui gaya irama CHALTE). dI ERA SEKARANG dangdut mulai masuk musik lainnya, ada HOUSE, MIX DISCO, SKA, dll. pertanyaannya; BENARKAH DANGDUT HANYA ISTILAH…? Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik yang berkembang di Indonesia. Bentuk musik ini berakar dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia di akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.

Penyebutan nama “dangdut” merupakan onomatope dari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) yang khas dan didominasi oleh bunyi dang dan ndut. Nama ini sebetulnya adalah sebutan sinis dalam sebuah artikel majalah awal 1970-an bagi bentuk musik melayu yang sangat populer di kalangan masyarakat kelas pekerja saat itu.
Jadi musik dangdut BUKAN HANYA merupakan sebuah istilah, namun TIDAK JUGA menjadi salah satu genre musik BILA TIDAK ADA istilah tersebut.
berikut nama-nama tokoh penyanyi dan pencipta lagu Dangdut populer di bagi dalam tiga kelompok kronologis sesuai perkembangan musik Dangdut:
*Pra 1970-an
@Hussen bawafie
@Munif bahaswan
@Ellya
@M .mashabi
@Johana satar
@Hasnah Tahar
*1970-an@Mansur s
@Mukhin alatas
@A.Rafiq
@Rhoma irama
@Elvy sukaesih

@Herlina efendi
@Reynold pangabean
@Camelia malik
@Ida laila
setelah 1970
@Vetty vera
@Nur halimah
@Hamban att
@Meggy Zakaria
@Iis dahlia
@Itje trisnawati
@Evi tamala
@Ike nurjanah
@Kristina
@Cici paramida
@Dewi persik
@Iul daratista
@DLL
@raja Dangdut:Rhoma irama
@ratu dangdut:Elvi sukaesih(kalau gak salah)
@Ratu Ngebor:Inul daratista
@Ratu Ngecor:Uut permata sari
@ratu goyang patah-patah:Anisa Bahar
@ratu goyang gergaji:Dewi persik
itu semua julukan yang aku tau,mungkin di masa yang akan datang akan ada banyak julukan misalnya ratu nyemen,ratu mlester(kayak bikin rumah aja)dan ratu-ratu yang lain

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: